Cara Mengatasi PC / Laptop Sering Lambat / Lemoot ?

Untuk mengatasi komputer / laptop windows kita yang terus melambat / lemot adalah dengan melakukan perawatan secara berkala dan cleaning file – file yang sudah tidak diperlukan lagi.

Penyebab komputer / laptop windows lambat dan cara mengatasinya?

Tutup Program System Tray

Banyaknya aplikasi yang berjalan di system tray atau area notifikasi adalah salah satu penyebab komputer / pc windows kita menjadi lambat / lemot. Solusinya kita bisa menghapus program tersebut secara permanen jika tidak diperlukan atau hanya sekedar menutupnya saja. Klik tanda panah icon dekat system tray, kemudian klik kanan pada icon program yang akan di keluarkan.

mengatasi laptop lambat

Non-Aktifkan Program Startup

Program Startup merupakan program yang otomatis berjalan ketika pc / laptop windows kita dihidupkan, Pada windows 10 sekarang sudah ada menu startup di task manager yang digunakan untuk mengelola program startup kita. Caranya cukup tekan Ctrl+Shift+Esc, dan jendela task manager akan keluar kemudian pilih tab startup.

mengatasi laptop lambat

Klik pada program yang akan di nonaktifkan kemudian pilih disable. Perhatian : pilihlah program yang memang tidak diperlukan pada saat windows baru dihidupkan.

Menghapus Temporary file dan History Browser

Temporary file merupakan file sementara / hasil ekstrak master program yang tersimpan pada,

  • Windows XP :  C:\Documents and Settings\\Local Settings\Temp
  • Windows 7    :  C:\Users\\AppData\Local\Temp

Deletelah file yang berada di dalam file tersebut atau untuk lebih praktisnya download software Ccleaner. Ccleaner merupakan program yang bermanfaat untuk menghapus cache, cookies dan temporary file serta menghapus registery yang sudah tidak diperlukan.

Selalu Update Antivirus

Virus merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pc / laptop kita lambat. Antivirus merupakan program yang harus ada pada komputer/ laptop, gunakan hanya 1 antivirus pada laptop kita karena antivirus sudah cukup banyak memakan memory / RAM, yang terpenting adalah selalu update antivirus kita. Gunakan antivirus yang tidak terlalu banyak membebani komputer misalnya Microsoft Security Essential (MSE) atau Windows Defender pada Windows 10.

Masalah Pada Hardisk

Masalah komputer / laptop lambat yang disebabkan oleh hardisk adalah, hardisk low space, harddisk yang terfragmentasi, hardisk bad sector / error dan hardisk yang umurnya sudah lama. Selalu defragment hardisk secara berkala, caranya, Buka My Computer, Klik Kanan – Properties pada Drive yang akan di defragment, misal drive C:/, kemudian pilih tab tools, klik optimize

mengatasi laptop lambat

Klik optimize, lakukan pada driv yang lainnya.

Apabila cara diatas tidak berhasil, silahkan install ulang windows pc / laptop anda :D.

Semoga Bermanfaat

Salam,

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *