Apa PHP itu ?

Pengertian PHP

 

pengertian PHP

PHP (PHP : Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman yang berfungsi untuk membuat website dinamis (website yang bisa berubah-ubah, misal: toko online) maupun aplikasi berbasis web. Berbeda dengan HTML yang hanya bisa menampilkan konten statis, PHP bisa berinteraksi dengan database, file dan folder, sehingga membuat PHP bisa menampilkan konten yang dinamis dari sebuah website. Blog, Toko Online, forum dan  CMS (Content Management System)  adalah contoh aplikasi web yang bisa dibuat oleh PHP.

PHP adalah bahasa scripting, bukan bahasa tag-based seperti HTML. PHP termasuk bahasa yang cross-platform, ini artinya PHP bisa berjalan pada sistem operasi yang berbeda beda (Windows, Linux, ataupun Mac). Program PHP ditulis dalam file plain text (text biasa) dan mempunyai akhiran “.php” (ekstensi .php).

Kode PHP menyatu dengan tag – tag HTML dalam satu file. Kode PHP diawali dengan tag <? atau <?php dan ditutup dengan kode ?>. Program atau aplikasi yang digunakan untuk penulisan kode – kode PHP diantaranya Microsoft WebMatrix, Adobe Dreamweaver, Notepad++ , etc.

contoh penulisan :

<?php

phpinfo();

?>

Struktur penulisan PHP, sama seperti Bahasa  C++, yaitu setiap pernyataan diakhiri oleh semicolon (  ;  ).

Berikut contoh penulisan php yang disisipkan ke kode HTML

<!doctype html>
<html>
<head>
<meta charset="utf-8">
<title>Untitled Document</title>
</head>
<body>
     <?php
     $dwi ="maha dwi";
     echo "nama saya $dwi";
      ?>
</body>
</html>

Syarat untuk menjalankan PHP

Untuk dapat berjalan (running), PHP membutuhkan web server, yang bertugas untuk memproses file-file php dan mengirimkan hasil pemrosesan untuk ditampilkan di browser client. Webserver sendiri adalah software yang diinstall pada komputer lokal ataupun komputer lain yang berada di jaringan intranet / internet yang berfungsi untuk melayani permintaan-permintaan web dan client. Web server yang paling banyak digunakan saat ini untuk PHP adalah “Apache”. Selain apache, PHP juga memerlukan PHP Binary yang bisa dikonfigurasikan sebagai modul apache ataupun sebagai aplikasi CGI. Untuk media penyimpanan datanya (database server), PHP biasa menggunakan “MySQL”. Untuk dapat menginstal ketiga aplikasi tersebut agar berjalan dan saling terhubung, memang cukup sulit. Maka dari itu dibuatlah paket software seperti, LAMP, XAMPP, MAMP, WAMP, dll yang tinggal di install. Sehingga programmer web hanya tinggal menulis program PHP dan langsung mengetest nya melalui web browser.

Saya sendiri lebih suka menggunakan XAMPP, yang dapat di download secara gratis (Open Source) disini.

Semoga Bermanfaat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *