Tipe-Tipe Web Hosting

1.Shared Hosting

Tipe hosting ini adalah yang paling lazim dan paling umum kita jumpai pada paket-paket yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan hosting. Shared hosting artinya ada banyak website yang di hosting dalam sebuah server, jadi kita harus berbagi (share) resource server dengan website-website yang lainnya. Tipe shared hosting ini adalah tipe yang paling murah, dan sangat cocok digunakan bagi kita yang masih pemula, karena kita tidak perlu melakukan konfigurasi ataupun setup server sendiri, semuanya dilakukan oleh perusahaan hosting lengkap dengan cpanel yang ada di dalamnya. Shared hosting kita ibaratkan sebagai bus kota ataupun angkot, server sebagai bus kota dan penumpang kita ibaratkan sebagai website yang di-host didalamnya. Pada bus kota ataupun angkot kita harus rela berdesakan dengan penumpang yang lain, namun ongkos yang kita keluarkan relatif lebih murah dan tidak ada biaya tambahan. Tipe ini juga sangan cocok untuk website sederhana yang memiliki traffic atau jumlah pengunjung yang tidak terlalu tinggi seperti blog pribadi, toko online, website portofolio, dll.

shared hosting

Kelemahan dari tipe hosting ini adalah, semakin banyak website yang ditangani oleh sebuah server maka semakin berat kerja server tersebut, jika kinerja server semakin berat maka website kita juga akan semakin berat untuk di load / diakses. Apalagi jika sebuah perusahaan web hosting memiliki sistem manajemen yang kurang baik dan cenderung ingin mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya, maka kita harus berjejelan dengan website lain. Untuk menghindari hal ini pastikan kita memilih perusahaan hosting yang profesional.

2.Reseller Hosting

Pada dasarnya reseller hosting sama dengan shared hosting, namun kita memiliki hak untuk menjual akun shared hosting kepada orang lain. Dengan reseller hosting kita bisa memulai bisnis web hosting dengan modal yang relatif kecil. Dengan kata lain jika kita membeli paket reseller hosting maka kita bisa menjualnya kembali dalam bentuk ketengan kepada user yang lain.

reseller hosting

Bila kita analogikan ke dalam bus umum maka reseller hosting di sini ibaratnya calo. Kita membeli tiket bus secara borongan kemudian menjualnya kembali kepada orang lain. Kelemahan dari reseller hosting ini sama dengan shared hosting, dimana ketika sebuah server sudah penuh sesak oleh website-website yang di host maka performa server akan menjadi lambat.

3.VPS (Virtual Private Server)

Jika kita memiliki website dengan jumlah pengunjung yang banyak (>20.000 pengunjung setiap harinya), atau memiliki website yang membutuhkan proses yang berat serta resource server yang tinggi (streaming video, file sharing, directory, multi user blog) namun kita hanya memiliki dana yang terbatas maka tipe hosting VPS merupakan pilihan yang terbaik. Biaya hosting tipe ini berkisar antara 300.000 sampai 1.200.000 perbulannya. VPS merupakan jembatan antara shared hosting yang ekonomis dan dedicated server yang premium. Pada tipe VPS sebuah server di kapling-kapling menjadi beberapa virtual server, dan kita akan mendapatkan jaminan resource server.

Virtual private server

Beda VPS dan shared hosting adalah pada shared hosting kita tidak akan mendapatkan jaminan resource dan juga harus berdesakan dengan pengguna lainnya dalam sebuah server sehingga sebuah server mengalami “crowded” atau penuh sesak oleh website yang dihosting. Sedangkan VPS, resource sebuah server sudah di kapling-kapling, dan kita pasti kebagian resource tersebut, lebih lega dan tidak berdesakan.

Jika kita analogikan, shared hosting sebagai bus kota atau angkot, maka VPS kita analogikan sebagai Travel atau bus eksekutif.

4.Dedicater Server

solusi premium untuk kalangan perusahaan atau enterprise. Pada tipe ini, hanya website kita-lah yang menghuni sebuah server, tanpa berbagi kapling dengan yang lainnya. Resource sebuah server menjadi mutlak milik kita seorang. Jika di analogikan, kita menyewa bus premium untuk kita sendiri. Biaya per bulannya berkisar antara 1-5 juta Rupiah.

dedicated server

Sumber : Cpanel, Jasakom, Eri Bowo

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *