Tips Membeli Web Hosting

Server hosting ini sangat berpengaruh terhadap performa website. Untuk itu kita tidak boleh memilih perusahaan web hosting sembarangan. Ada beberapa tips untuk membeli hosting premium:

web hosting

1. Banyak Bertanya

Sebelum kita memutuskan untuk menyewa hosting dari sebuah perusahaan hosting, sebisa mungkin kita banyak bertanya kepada customer servicenya. Bertanyalah sebanyak mungkin tanyakan semua yang ingin kita ketahui, karena dengan banyak bertanya kita bisa menilai bentuk support dari mereka. Apakah mereka responsif? apakah mereka sabar? jika belum apa-apa mereka sudah marah-marah maka hampir dapat dipastikan support mereka buruk. Jika belum apa-apa respon mereka lambat maka misalnya kelak kita mendapatkan masalah pada hosting kita maka kita akan mendapatkan support yang lambat juga. Banyak masalah yang dapat mengancam kita ketika menggunakan jasa web hosting seperti server down, database rusak, kena hack, dan lain sebagainya. Kualitas support yang baik dari perusahaan web hosting akan membuat kita aman, nyaman dan mudah untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi.

2. Kapasitas Bandwidth Yang Ditawarkan

Bandwidth adalah besar maksimal kapasitas lalu lintas data yang terjadi pada website. Jika sebuah web hosting menyediakan paket hosting dengan bandwidth 10GB misalnya maka maksimal kapasitas lalu lintas data yang terjadi pada website kita adalah 10 GB perbulan. Jika transfer data yang lalu lalang melalui website kita sudah melewati kapasitas 10GB maka website kita tidak bisa diakses lagi atau akan di suspended. Hal ini sangat riskan, karena jika ternyata website kita ramai pengunjung maka sangat besar kemungkinan bandwidth kita akan mencapai limit dan website kita akan di suspend. Ini akan merugikan kita, website lagi rame-ramenya tapi malah tidak bisa diakses.

Untuk itu pilihlah paket yang memiliki kapasitas bandwidth yang besar atau unlimited, jika website kita banyak pengunjungnya. Sekarang ini perusahaan hosting lokal juga sudah banyak yang menawarkan paket dengan bandwidth yang unlimited alias besar lalu lintas data pada website kita tidak dibatasi dan tidak ada limit.

3. Kapasitas Space Yang Ditawarkan

Kapasitas space pada server hosting sangat berharga. Semakin besar space yang kita butuhkan atau kita sewa pada server hosting maka akan semakin mahal pula biaya sewanya. Kita jangan membayangkan kapasitas space seperti pada hard disk komputer komputer yang bisa mencapai ratusan gigabyte, karena nilai puluhan atau ratusan megabyte pada server hosting itu sudah besar dan sangat berharga. Jika website kita nantinya akan sering update dan banyak mengandung konten gambar maka ambil space  yang besar pula. Hal ini juga berlaku bagi kita yang ingin membuat toko online dan memiliki banyak gamber produk yang ingin dipajang. Tapi kita jangan langsung mengambil space yang besar (2GB misalnya) karena semakin besar space server maka sewanya semakin mahal, selain itu di awal-awal kita membangun toko online, kita belum tentu membutuhkan kapasitas yang sebesar itu. Jika space sebesar itu tidak terpakai kita bisa rugi. Jangan sampai kita menyewa space yang besar 2GB tapi yang terpakai hanya 100MB saja.

Untuk itu pada tahun pertama ambilah space yang berkisar 200-500MB saja dulu. Lihat dan amati pemakaian space kita pada tahun pertama, jika ternyata space 200-500MB tidak cukup maka kita bisa mengupgrade paket hosting dengan menambah kapasitas space server kita.

4. Spesifikasi Server

Tanyakan spesifikasi server kepada customer service, konsultasikan kebutuhan website kita dengan paket yang akan kita beli. Apakah paket hosting yang kita beli mampu menjalankan website kita dengan lancar, jangan sampai ketika kita sudah membeli paket hosting malah server hostingnya yang tidak kuat untuk menjalankan website kita.

5. Posisi Server

Perusahaan hosting (terutama hosting lokal) akan menawarkan pilihan posisi server pada paket-paketnya. Jika target pengunjung website kita adalah pengunjung lokal alias orang orang dari Indonesia maka pilih server yang berlokasi di indonesia atau IIX (Indonesia Internet Exchange). Karena website yang memiliki server yang terletak di jaringan IIX akan lebih cepat diakses dari dalam negeri (dengan spesifikasi, situasi dan kondisi server serta jaringan yang setara). Jika target operasi kita adalah pengunjung internasional maka pilih posisi server yang di USA atau Amerika Serikat. Karena server yang terletak di USsangat cepat diakses dari sebagian besar negara di dunia, namun sedikit lambat diakses dari indonesia.

Jika kita ingin website kita cepat diakses dari Indonesia dan dari dunia internasional maka pilih server Singapura. Namun akses internasional server singapura lebih lambat ketimbang server USA. Satu hal yang perlu kita catat, tidak semua perusahaan hosting lokal menyediakan paket hosting dengan server yang berlokasi di Singapura. Jadi tentukan pilihan kita, jangan lupa untuk bilang ke customer servicenya lokasi server yang kita inginkan.

6. Backup

Keberadaan backup ini sangat penting, untuk itu tanyakanlah kepada CS perusahaan hosting kita apakah mereka melakukan backup rutin. Jika mereka tidak memiliki backup rutin maka jangan ragu-ragu untuk meninggalkan perusahaan hosting itu. Semakin sering interval backup (backup harian) yang mereka lakukan maka semakin bagus. Walupun demikian kita juga secara pribadi memiliki kewajiban untuk mem-backup secara rutin website dan database website kita, karena bisa saja backup dari perusahaan hosting terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

7. Perusahaan Yang Jelas

Jangan sembarangan memilih jasa web hosting. Pilihlah perusahaan yang jelas, jelas alamatnya, jelas legalitasnya, jelas nomor telepon dan kontak lainnya. Karena jika terjadi apa-apa kita tahu mau menuntut kemana. Jika kita memilih perusahaan yang tidak jelas, jika sewaktu waktu perusahaan tersebut bangkrut atau melarikan diri, maka kita tidak akan bisa menuntut siapa siapa.

8. Jangan Tergiur Harga Murah, Baca Testimoni Pengguna Lainnya

Jangan gampang tergiur dengan harga murah, murah belum tentu memiliki kualitas bagus, tapi mahal juga belum tentu kualitasnya bagus. Pelajari dulu semuannya. Baca testimoni dari orang-orang yang pernah berlangganan di hosting tersebut. Kita bisa melakukan pencarian pada mesin pencari. Jia misalnya kita ingin mengetahui reputasi perusahaan hosting A misalnya maka kita bisa menggunakan keyword : ” hosting A mengecewakan”, “jangan hosting di hosting A” dan lain sebagainya.

Sumber : Cpanel, Jasakom, Eri Bowo

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *